5 Rahasia Manfaat Berpuasa - Tausyiah Cinta

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 25 April 2018

5 Rahasia Manfaat Berpuasa

Menurut DR Yusuf Qardhawi dalam kitabnya 'al-Ibadah Fil Islam' ada lima rahasia utama  yang akan kita dapatkan ketika berpuasa

1. Menguatkan jiwa.

Dalam kehidupan, kita menemukan bahwa manusia dikendalikan oleh nafsu. Manusia seperti ini, menuruti apa yang mereka inginkan, meskipun mereka adalah sesuatu yang buruk dan mengganggu dan merugikan orang lain.

Oleh karena itu, di dalam Islam ada perintah untuk memerangi hawa nafsu,
Jika kita tidak bisa mengalahkan hawa nafsu, maka bencana besar akan terjadi.

Dengan berpuasa, manusia akan berhasil mengendalikan nafsunya yang membuat jiwanya kuat. Dengan itu manusia memperoleh derajat tinggi dan membuatnya mampu mengetuk dan membuka pintu surga sampai semua doanya ada di hadapan Allah.


2. Mendidik keinginan untuk kebaikan.

Puasa mendidik seseorang untuk memiliki keinginan untuk kebaikan, meskipun menghadapi berbagai rintangan. Puasa yang bekerja paling baik akan membuat seseorang terus mempertahankan harapan baiknya.
Nabi menyatakan bahwa puasa adalah setengah kesabaran.

Dalam hal ini, puasa akan menjadikan spiritual seorang Muslim lebih kuat. Kekuatan spiritual yang unggul ini akan membuat seseorang tidak melupakan dirinya sendiri, meskipun telah mencapai kesuksesan atau kenikmatan duniawi.

Kekuatan spiritual juga akan membuat seorang Muslim tidak pernah menyerah meski penderitaan itu sangat sulit.

3. Sehat.

Selain kesehatan dan kekuatan spiritual, puasa memberi pengaruh positif dalam bentuk kesehatan fisik (tubuh dan anggota tubuh). Ini tidak hanya dinyatakan oleh Rasulullah, tetapi juga dibuktikan oleh dokter.

4. Mengenal nilai kenikmatan dan bersyukur.
Dalam hidup ini, sebenarnya terlalu banyak kenikmatan diberikan oleh Allah kepada manusia, tetapi banyak yang tidak mensyukurinya. Dapat satu tidak terasa nikmat kerana menginginkan dua. Dapat dua tidak terasa nikmat kerana menginginkan tiga dan begitulah seterusnya.

Jadi, dengan puasa manusia  disuruh mensyukuri dan merenungi kenikmatan Allah kepada kita.
Di sinilah, pentingnya puasa untuk  menyadari betapa tingginya nilai kenikmatan yang Allah berikan supaya kita menjadi orang yang pandai bersyukur. Rasa syukur memang akan membuat nikmat itu bertambah banyak, baik dari segi jumlah atau paling tidak dari segi rasanya.


5. Merasakan penderitaan orang lain.

Lapar dan dahaga memberikan pengalaman bagaimana beratnya penderitaan yang dirasakan orang lain. Pengalaman lapar dan haus itu akan segera berakhir hanya dengan beberapa jam (lebih kurang 12 atau 13 jam), sementara penderitaan orang lain entah kapan berakhir.

Dari sini puasa akan  memantapkan rasa simpati kita kepada kaum Muslimin lainnya yang hidup dalam kemiskinan dan menderita.

Oleh itu, sebelum Ramadan berakhir, kita diwajibkan untuk menunaikan zakat (fitrah). Agar dapat meringankan pernderitaan saudara-saudara kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here